Pages

Kamis, 02 Desember 2010

Hati - hati, Obesitas Juga Bisa Membuat Dompet Kita Sakit



WASHINGTON--Obesitas tak hanya merugikan kesehatan tubuh, juga dompet kita. Sebuah penelitian yang dihajat tim ilmuwan dari George Washington University menyebutkan, tagihan medis lebih tinggi untuk orang dengan obesitas ketimbang mereka dengan berat badan normal. Tak main-main, angka ekstra yang harus dibayar pertahun oleh mereka, termasuk kehilangan produktivitas bahkan kebutuhan untuk bensin ekstra, adalah sebesar 4.879 dolar AS untuk wanita dan 2.646 dolar AS bagi pria.

Mengapa angkanya berbeda antara pria dan wanita? Studi menunjukkan wanita obesitas mendapatkan penghasilan lebih sedikit dari wanita kurus, sedangkan pada pria, berat badan tak berpengaruh pada penghasilan. "Itu kejutan besar," kata profesor kebijakan kesehatan, Christine Ferguson.

Namun angka-angka ini sesuai dengan penelitian lainnya dan tidak mengherankan, kata Dr Kevin Schulman, seorang profesor obat-obatan dan ekonom kesehatan di Universitas Duke yang tidak terlibat dalam penelitian ini.

Dua pertiga dari warga Amerika Serikat mengalami kelebihan berat badan atau gemuk, dan obesitas anak telah meningkat tiga kali lipat dalam tiga dekade terakhir. Hampir 18 persen dari remaja di As mengalami obesitas, yang mengantarkan mereka pada risiko diabetes, penyakit jantung, dan penyakit lainnya.

Menurut penelitian ini, publik sebaiknya mempertimbangkan nilai pengeluaran untuk mencegah dan melawan obesitas, kata Dr Schulman. "Kita membayar harga yang sangat tinggi untuk obesitas, dan mengapa tidak kita berpikir tentang hal ini sebagai persoalan sangat besar terhadap perekonomian kita?" ia bertanya.

Sebuah studi besar diterbitkan tahun lalu menemukan rata-rata pengeluaran medis lebih besar 1.400 dolar AS setahun untuk obesitas daripada orang dengan berat badan normal. Obesitas juga kerap dihubungkan dengan kematian lebih awal.

Sumber : Republika

Tidak ada komentar:

Posting Komentar